Kamis, 06 November 2014

PROFIL 2013

PROFIL KESEHATAN TAHUN 2013
PUSKESMAS SALIDO
KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN




PUSAT DATA DAN INFORMASI
PUSKESMAS SALIDO
TAHUN 2013


Pengarah
Yuni Andra, SKM
Pimpinan Puskesmas Salido


Koordinator
Hasan Basri, A.Md.Kep


Ketua
Syanti Nirawati, AMKL

Anggota
Anggia Darfan, A.Md.Kep
Risma Morina, A.Md.Kep
Resnita Yenti, AMKL
Sri Anna Laila,A.Md.Keb
Febri Windu Putra, S.Kom




KATA PENGANTAR

        Dengan mengatur Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayat-Nya serta petunjuk yang berlimpah sehingga kami dapat menyelesaikan “Profil Kesehatan Puskesmas Salido Tahun 2013”ini.
            Profil Kesehatan ini adalah salah satu sumber informasi kesehatan yang diterbitkan secara berkala setiap tahun, guna memberikan informasi data tentang kegiatan dan pencapaian program pembangunan kesehatan, serta hambatan dan permasalahan yang dievaluasi berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam rangka pengambilan keputusan berdasarkan fakta (Evidence Based Decision Making).
            Dalam penyusunan Profil Kesehatan Puskesmas Salido ini, banyak pihak telah membantu terutama dalam pengumpulan data dari berbagai sumber seperti Kantor Camat IV Jurai, Pustu, Pokesri, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan dan Unit Kesehatan Lainnya serta Lintas Sektor terkait. Oleh karena itu kami haturkan limpahan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan Profil Kesehatan ini.
        Kami menyadari penyusunan profil ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun serta sumbangan pikiran, ide-ide inovatif demi penyempurnaan profil ini untuk menjadi lebih baik pada tahun selanjutnya. Semoga Allah SWT meridhoi karya dan pikiran semua pihak yang terkait dalam penyusunan profil kesehatan ini, dan semoga bermanfaat bagi semua pihak.

                                                                                          Salido, Januari 2014
                                                                                     Pimpinan Puskesmas Salido


                                                                                           Yuni Andra, SKM
                                                                                    NIP. 19800614200501 1 003





BAB I

PENDAHULUAN

Dalam sistem Kesehatan Nasional (SKN) disebutkan bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah unit pelaksanaan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bertujuan agar tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat  mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.
Dengan demikian puskesmas berfungsi sebagai penggerakan pembangunan yang berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dimana upaya-upaya tersebut diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan serta berorientasi kepada kepuasan masyarakat.
Untuk meningkatkan fungsi puskesmas dalam rangka peningkatan upaya kesehatan kepada masyarakat perlu dilaksanakan upaya pembinaan yang terus menerus dan terarah. Untuk itu perlu adanya perencanaan dan manajemen yang handal sehingga tujuan dan sasaran dapat tercapai secara efektif dan efesien.
Seluruh sumber pembiayaan di puskesmas pada umumnya ditujukan untuk membantu membiayai berbagai upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasif dalam upaya meningkatkan pencapaian target yang diamanatkan dalam standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan, sebagai tolak ukur urusan kewenangan wajib bidang kesehatan yang telah dilimpahkan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Puskesmas sebagai salah satu pelaksana pelayanan bidang kesehatan juga mengemban amanat untuk mencapai target tersebut sehingga masyarakat akan mendapat pelayanan kesehatan yang makin merata, berkualitas dan berkeadilan.
Profil kesehatan puskesmas ini disusun untuk mengetahui pencapaian program yang telah dilakukan selama setahun, baik upaya kesehatan wajib, upaya kesehatan pengembangan maupun upaya kesehatan penunjang. Profil ini disusun untuk kebutuhan satu tahun agar puskesmas mampu mengevaluasi dan membuat rencana setahun kedepan secara efesien, efektif dan dapat di pertanggung jawabkan.
1.1    Wilayah Kerja Puskesmas Salido
1.1.1. Keadaan Geografis
         Puskesmas salido adalah salah satu puskesmas di kabupaten pesisir selatan yang berada tepat di pusat kabupaten pesisir selatan dengan jarak lebih kurang 3 km dari Dinas Kesehatan, dengan luas wilayah kerja 190 km2 yang terdiri dari daerah pegunungan dan pantai, 9 Kenagarian dan 22 Kampung. Kondisi geografis wilayah kerja puskesmas salido pada awalnya hanya memiliki satu jalan poros yang memanjang dari Utara sampai ke Selatan yaitu jalan Padang-Bengkulu.
         Untuk memperlancar akses ke seluruh daerah, pemerintah telah membangun banyak jalan, namun umumnya keseluruhan wilayah kerja Puskesmas Salido dapat terjangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Batas Wilayah Kerja Puskesmas Salido sebagai berikut:

·      Sebelah Utara berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Lumpo

·      Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Batang Kapas

·      Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia

·      Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Solok dan Provinsi Jambi
 


 Gambar 1
        peta Kabupaten Pesisir Selatan


 


1.1.2   Demografis
                             Jumlah penduduk yang ada di wilayah kerja puskesmas salido tahun 2013 adalah sebanyak 33.334 jiwa dengan rincian pernagari dapat dilihat pada tabel 1.
Tabel 1
Data Penduduk di Wilayah Kerja Puskesmas Salido Tahun 2013

No

Nagari
Jumlah Penduduk
1
Salido
7.880
2
Sago
3.140
3
Painan Utara
4.600
4
Painan Selatan
4.254
5
Painan Timur
4.200
6
Bunga Pasang
4.040
7
Tambang
1.600
8
Salido Sari Bulan
1.930
9
Koto Rawang
1.700
Jumlah
33.344

                        Dengan rincian persasaran kelompok khusus dapat dilihat pada tabel 2 sebagai berikut :
Tabel 2
Sasaran Kelompok Khusus di Wilayah Kerja Puskesmas Salido Tahun 2013

No

Sasaran
Jumlah
1
Ibu Hamil
745
2
Ibu Bersalin
711
3
Ibu Nifas
677
4
Ibu Menyusui
677
5
Bayi 0-11 Bln
677
6
Bayi 0-5 Bln
271
7
Bayi 6-11 Bln
406
8
Baduta
1434
9
Anak Baduta
670
10
Anak Balita (1-5 Tahun)
2681
11
Balita 0-5 Tahun
3414
12
PUS
5497
13
Peserta KB
6091



0 komentar:

Posting Komentar